Loading...

Inilah Meningkatkan Hasil Panen Padi Dengan Sistem Tanam Legowo

 Salah satu upaya yang sanggup ditempuh petani untuk meningkatkan hasil panen padinya yakni dengan cara sistem tanam legowo.
Teknologi legowo dilakukan dengan menciptakan lorong-lorong pada barisan tumbuhan padi untuk memanfaatkan dampak barisan pinggir tumbuhan padi. 

Dengan sistem legowo, tumbuhan padi tumbuh lebih baik dan akhirnya lebih tinggi alasannya luasnya dampak barisan pinggir dan lorong di petakan sawah sehingga menghasilkan bulir gabah yang lebih bernas.
Peningkatan hasil tersebut alasannya setiap rumpun seperti berada di pinggir petakan sehingga memperlihatkan kondisi yang sama pada setiap tumbuhan padi untuk mendapat ruang dan sinar matahari secara optimum.
Sistem tanam legowo sanggup dilakukan dengan legowo 2 :1  atau legowo 4 :1 dengan jarak tanam 25 x 12,5 x 50 cm. Pada cara tanam jajar legowo 2:1, semua maupun tumbuhan seperti berada pada barisan pinggir pematang, sedangkan pada cara tanam jajar legowo 4:1, separuh tumbuhan seolah berada pada bab pinggir pematang.
Keuntungan Penggunaan Sistem Legowo

·        Pemberian pupuk pada cara tanam legowo juga lebih efektif alasannya distribusi pupuk lebih merata dan eksklusif ke pertanaman. Pupuk hanya diberikan pada lorong kecil di antara barisan tumbuhan sehingga pertumbuhan tumbuhan serta hasil dan kualitasnya lebih baik.
·           Lorong yang lebih lebar pada sistem legowo memudahkan dalam pelaksanaan pemupukan,  
         penyiangan, dan pengendalian hama penyakit,

·           Pertumbuhan padi lebih baik, alasannya sirkulasi udara yang masuk ke celah-celah tumbuhan cukup lancar, sehingga tumbuhan padi memperoleh intensitas sinar matahari yang memadai sehingga kemampuan akar untuk menyerap unsur hara  atau pupuk meningkat
·         Sistem tanam Legowo memungkinkan untuk dilakukan mina padi

·    Dengan sistem tanam Legowo serangan tikus sanggup dikurangi, alasannya tikus relatif tidak suka di tempat-tempat yang agak terang. Hasil pengamatan di lapangan sistem tanam non-Legowo lebih dahulu diserang oleh tikus dari pada sistem tanam Legowo.

·    Mengurangi serangan hama wereng coklat dan wereng hijau alasannya wereng suka daerah yang terlindung dari matahari
·    Jumlah tumbuhan padi meningkat hingga 33 % per hektar.

·     Meningkatkan hasil panen padi 12-22 %.
Ilmu Tanah 9122179274033224436

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Arsip Blog

close
Banner iklan   disini