Loading...

Inilah Mengenal Tanaman Hias Nephrolepis (Pakis Kelabang)

N. exalta ini mempunyai sosok daun melengkung. Sedangkan N. Exalata bostoniensis (pakis kelabang) ialah mutasi pakis samurai yang ditemukan di akrab Boston 1890.

Nephrolepis menjadi jenis pakis yang paling terkenal di pasaran pada ketika ini. Banyak varietas Nephrolepis yang sangat cocok hidup di dalam ruangan. Ada pula sejumlah Nephrolepis hasil mutasi yang daunnya lembut bercabang dan ada pula yang berdaun keriting kecil-kecil.


PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan cahaya
Tanaman ini tumbuh baik apabila menerima cahaya matahari tidak langsung. Jika flora hanya menerima cahaya buatan asal dari cahaya lampu, maka membutuhkan cahaya yang berkekuatan 400 f.c.

Kebutuhan Suhu
Tanaman ini cocok sekali ditanam di daerah yang mempunyai suhu lingkungan pada siang hari 680F-720F dan suhu malam hari 500F-500F.

Media Tanam
Media tanam yang cocok untuk flora ini ialah gabungan dari satu bab tanah, satu bab kompos atau pupuk kandang, satu bab serbuk kulit pepohonan, dan satu bab pasir. Setiap 4-5 kg media tersebut ditambah 2 sendok makan tepung tulang.

Pemupukan
Pemupukan dilakukan setiap enam bulan sekali. Bagi flora gres atau yang gres saja dilakukan pengepotan ulang, pemupukan harus menunggu sehabis enam bulan.

Pengepotan Kembali
Pemgepotan kembali flora ini dilakukan pada awal animo penghujan jikalau rumpun flora telah memenuhi pot.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan flora sanggup dilkukan dengan cara melaksanakan pemotongan akar yang sudah renta atau memisahkan sebagian rumpun flora pada awal animo penghujan. Pada animo penghujan akar-akar yang tumbuh sebagai flora gres sanggup di pisahkan dan ditanam pada pot baru.

Varietas
Varietas Nephrolepis yang banyak dikenal ialah :
  1. N.exaltata bostoniensis compacta yang berdaun lebat.
  2. N. exaltata bostoniensis aurea.
  3. N. Biserrata furcans yang daunnya tumbuh panjang dan bab tepi daun bergerigi.
  4. N. Cordifolia yang berdaun lebih sempit
Nephrolepis 5851760767854445080

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Arsip Blog

close
Banner iklan   disini