Loading...

Inilah Mengenal Tanaman Hias Aglaonema Dan Cara Budidayanya

Aglaonema termasuk salah satu jenis flora yang dapat tumbuh di sudut-sudut ruang yang gelap. Tanaman ini tumbuh baik di daerah yang mendapat sinar matahari. Tetapi, Aglaonema mempunyai daya penyesuaian yang baik terhadap daerah yang kekurangan cahaya. Oleh alasannya yakni itu, Aglaonema sangat cocok sebagai flora hias di dalam ruangan.

JENIS – JENIS AGLAONEMA

Aglaonema Commutatum
Jenis Aglaonema ini mempunyai daun berbentuk ibarat tombak, tetapi ada juga yang langsing atau gemuk. Tapi daun rata, ukuran daun umumnya yakni lebar 5-8 cm dan panjang 16-20 cm. Bentuk daunnya beraneka ragam tergantung pada varietasnya. Batang flora liat, sehingga sulit di patahkan, duduk daun pada batang tidak beraturan.



Dari jenis Aglaonema ini kita kenal aneka macam varietas yang cukup terkenal sebagai berikut :

Aglaonema Siluer Queen
Varietas ini mempunyai daun warna dasar hijau dengan sirip-sirip berwarna perak keabu-abuan yang hampir memenuhi seluruh daun.

Aglaonema Pseudo-bracteatum (White Rajak)
Varietas ini mempunyai warna dasar daun hijau, tetapi sirip-siripnya berwarna kekuning kuningan hampir memenuhi seluruh bab daun sehingga seakan-akan daun seluruh daun berwarna dasar kuning. Demikian pula, warna tangkai daunnya berwarna kuning.

Aglaonema Commutatum Treubi
Varietas ini mempunyai warna dasar daun hijau bau tanah yang dihiasi sirip-sirip berwarna hijau muda kebiru-biruan, bentuk daun ramping.

Aglaonema Roebelini
Varietas ini mempunyai warna daun hijau dengan sirip-siripnya berwarna biru muda keperakan. Apabila dibandingkan dengan varietas lainnya, varietas ini mempunyai ukuran daun yang lebih lebar.

Aglaonema “Malay Beauty”
Varietas ini mempunyai warna hijau daun bau tanah dan dihiasi dengan sirip-sirip berwarna perak.

Aglaonema Nitidun Curtisii
Varietas ini mempunyai daun hijau kebiruan dan dihiasi sirip-sirip berwarna perak. Sirip-sirip tersebut berbentuk kecil panjang ibarat duri ikan hingga pada tepi daun.

Aglaonema Costatum (Spotted Chinesa Evergreen)
Jenis Aglaonema ini mempunyai warna daun hijau bau tanah mengkilap dan dihiasi tulang rusuk utama berwarna putih. Seluruh permukaan daun dihiasi dengan warna bintik-bintik putih. Jenis flora ini membentuk rumpun yang lebat. Bentuk daun ibarat hati, berukuran panjang 15 cm, lebar 7,5 cm. Ketinggian flora tidak lebih dari 25 cm.

Aglaonema Modestum (Chinese Evergereen)
Jenis Aglaonema ini mempunyai warna daun hijau polos. Bentuk daunnya pendek dan lebar.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan Cahaya
Aglaonema tumbuh manis di daerah yang memperoleh cahaya eksklusif ataupun di daerah yang teduh. Jika yang tersedia hanya cahaya buatan, maka membutuhkan cahaya yang berkekuatan minimal `50 f.c

Kebutuhan Suhu
Jenis flora Aglaonema ini membutuhkan suhu lingkungan pada siang hari 750F-850F, malam 650F-700F.

Media Tanam
Media tanam yang cocok untuk flora Aglaonema terdiri atas camouran satu bab tanah, satu bab kompos atau moss, dan satu bab pasir. Setiap 4,5 kg media tersebut ditambah 1,5 sendok teh super phosphat 20%, 1 sendok makan tepung tulang, dan 2 sendok teh pupuk 5-10-5.

Pemupukan
Jadwal pemupukan dilakukan setipa 4 bulan sekali.

Pengepotan Kembali
Pengepotan kembali (repotting) sekaligus mengganti media gres dilakukan pada ketika flora sudah memadati seluruh permukaan pot. Pengepotan tersebut dapat dilakukan pada setiap waktu.

Penempatan Pot di Dalam Ruangan
Walaupun, flora ini mempunyai daya toleransi terhadap cahaya yang intensitasnya rendah cukup bagus, namun flora tersebut sebaiknya ditempatkan di daerah yang memperoleh cahaya cukup, misalnya, di bersahabat jendela atau pintu.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan Aglaonema dapat dilaksanakan dengan cara memisahkan rumpun pada setiap waktu atau memakai stek.
Aglaonema 879711825301026233

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Arsip Blog

close
Banner iklan   disini