Loading...

Inilah Mengenal Tanaman Hias Araucaria (Cemara Norfolk)

Araucaria juga dikenal dengan nama A. Excelsa, yakni pinus atau cemara yang berasal dari pulau Norflok, wilayah Australia. Tanaman ini banyak penggemarnya alasannya yaitu bentuk tajuknya secara keseluruhan lebih menarik daripada cemara pada umumnya.

Batang tumbuhan kasar, mencapai ketinggian 5 m lebih, dengan cabang-cabang melintang atau tumbuh horizontal mengelilingi pohon. Setiap tahun tumbuhan ini pertumbuhannya bertambah 7,5-15 cm. Cabang-cabangnya besar lengan berkuasa dan besar, tertutup oleh daun berbentuk menyerupai jarum sepanjang 1-1,5 cm.


Pohon tumbuhan ini membentuk mahkota berbentuk piramidal. Daunnya selalu hijau dan tidak pernah gugur (ever green)
PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN
Kebutuhan Cahaya
Tanaman ini tumbuh paling elok kalau memperoleh cahaya matahari atau cahaya tidak langsung. Apabila tumbuhan ini hanya tersedia dari cahaya buatan, minimal membutuhkan cahaya yang berkukatan 400 f.c

Kebutuhan Suhu
Tanaman ini membutuhkan suku lingkungan pada siang hari 680F-72 0F, malam hari 500F-550F. Tanaman tersebut toleran terhadap suhu 450F-850F.

Media Tanaman
Cemara Norflok tumbuh baik kalau disediakan media tanam yang terdiri atas adonan satu bab tanah, satu bab pupuk sangkar atau kompos, satu bab pasir.

Media sebanyak 4,5 kg harus ditambah 1,5 sendok teh super-phosphat 20%, 1 sendok makan kapur 2 sendok teh pupuk 5-10-5. Media harus selalu dipertahankan dalam keadan lembap.

Pemupukan
Pemupukan dilakukan setiap 3-1 bulan sekali. Bagi tumbuhan yang gres saja dibeli, pemupukan dilakukan sehabis 4-6 bulan.

Pengepotan Kembali
Pengepotan kembali dilakukan sehabis tumbuhan tumbuh lebat, akar memenuhi pot dan menjembul keluar. Dalam kurun waktu 3-4 tahun, tumbuhan sudah harus dilakukan pengepotan kembali untuk menggantikan media gres yang lebih banyak sesuai dengan perkembangan tanaman.

Penempatan Pot
Tanaman ditempatkan di tempat-tempat yang mempunyai ukuran ruangan yang luas dan memperoleh cahaya jelas dengan baik, misalnya, di akrab jendela atau pintu.

Perbanyakan Tanaman
Cemara Norflok sulit dilakukan pengembiakan. Sebagian besar tumbuhan yang di jual oleh para pedagang tumbuhan hias yaitu hasil perbanyakan yang berasal dari biji.

Upaya untuk memperoleh tumbuhan gres secara vegetatif, cabang-cabang tumbuhan harus di potong  agar pada akar-akarnya tumbuh tumbuhan baru. Di samping itu, dapat juga memakai stek cabang. Hasil stek cabang tidak dapat menurunkan tumbuhan yang dapat tumbuh vertikal.
Araucaria 2397892669351194594

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Arsip Blog

close
Banner iklan   disini