Loading...

Inilah Teknik Budidaya Buah Naga Dalam Pot Sistem Organik


Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang digemari oleh masyarakat. Ini sangat bekerjasama dengan khasiat buah naga itu sendiri. Buah naga sangat berguna untuk terapi penyembuhan banyak sekali macam penyakit menyerupai mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan mencegah diabetes mellitus. Karena hal inilah, undangan buah naga sangat besar. Tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis buah ini kalaupun tidak berniat untuk menjualnya, Anda sanggup mengkonsumsinya sendiri. Mungkin, Anda mengira bahwa membudidayakan buah naga memerlukan lahan yang sangat luas. Perlu Anda tahu bahwa ketika ini Anda juga sanggup membudidayakan buah naga di rumah walaupun Anda hanya mempunyai pekarangan yang kecil. Saat ini, memelihara buah naga dalam pot menjadi musim dikalangan pecinta buah ini. Jika Anda tertarik, silakan pelajari cara budidaya buah naga dalam pot berikut ini.

Tentunya, sebelum memelihara buah naga dalam pot ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

Menyiapkan Tempat Menanam Buah Naga
Karena Anda ingin melaksanakan teknik menanam buah naga dalam pot maka hal pertama yang harus Anda siapkan yaitu pot sebagai tempat menanam bibit buah naga. Pot yang dipakai untuk media tanan buah naga sangat flexibel. Anda sanggup memakai pot plastik, tanah liat, semen, sampai drum atau kaleng bekas. Untuk memaksimalkan pertumbuhan buah naga, ada baiknya Anda memakai pot yang terbuat dari tanah liat untuk menjaga suhu tumbuhan ini. Gunakan pot berukuran besar sekitar 40 cm sebab semakin besar ukuran pot maka akan semakin baik biar buah naga sanggup tumbuh maksimal.

Menyiapkan Media Tanam Buah Naga
Setelah menentukan jenis pot yang dipakai untuk menanam buah naga, sekarang saatnya Anda mulai bercocok tanam dengan menyiapkan media tanamnya terlebih dahulu. Siapkan pasir, pupuk kandang, tanah, dan kompos. Perbandingan masing-masing materi yaitu 2:3:1:1. Biasanya, petani menambahkan abu kerikil bata dan kapur pertanian secukupnya. Campur semua materi tersebut sampai rata kemudian siram dengan air. Biarkan gabungan media tanam tersebut sehari semalam sebelum dipakai untuk menanam buah naga.


Menyiapkan Tiang
Salah satu fungsi dari tiang tersebut yaitu sebagai penopang biar buah naga tidak gampang roboh. Jika buah naga sudah tumbuh besar, tiang tersebut akan dililit oleh akar tumbuhan tersebut. Akan lebih baik jikalau tiang panjatan tersebut terbuat dari besi berdiameter sekitar 8 cm sampai 10 cm. pastikan bahwa tiang tidak gampang goyah. Anda sanggup memperlihatkan kaki-kaki pada tiang tersebut biar kokoh dan besar lengan berkuasa menopang akar buah naga.

Menanam Bibit
Anda harus memperhatikan cara tanam bibit buah naga biar tumbuhan sanggup tumbuh maksimal. Tentu saja dengan memahami cara menanam buah naga dalam pot yang benar, Anda tidak perlu melihat tumbuhan tersebut mati sebab Anda tidak paham bagaimana cara menanamnya. Walaupun masih berupa bibit, sebaiknya pilihlah bibit yang besar. Pilihlah bibit yang batangnya berwarna hijau tua. Pastikan pula kalau bibit tersebut bebas dari penyakit. Salah satu tips menanam bibit buah naga yaitu soal ukuran bibitnya. Ukuran ideal bibit buah naga yang siap ditanam dalam pot yaitu sekitar 30cm.

Setelah menentukan bibit yang berkualitas baik, tanam pada kedalaman sekitar 10cm di sekitar tiang yang sudah Anda siapkan tadi. Tidak perlu menanam bibit buah naga terlalu dalam sebab menamannya terlalu dalam justru tidak baik bagi pertumbuhan buah naga itu sendiri. Rapikan tanah di sekitar bibit buah naga dengan cara menekan tanahnya. Selain merapikan tanahnya, menekan tanah juga berfungsi untuk menguatkan batang bibit buah naga biar tidak gampang roboh. Setelah memastikan bahwa bibit tertanam dengan sempurna, siram pot tersebut dengan air. Letakkan pot berisi bibit buah naga tersebut di kawasan yang terkena sinar matahari langsung. Seperti yang dijelaskan di atas, prosespenanaman buah naga dalam pot sangat gampang dilakukan. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara menanam tumbuhan pada umumnya. Jika Anda yaitu salah satu penikmat buah naga, tidak ada salahnya mencoba menanamnya sendiri di rumah dengan media pot.

Memelihara Bibit Buah Naga Hingga Siap Panen
Setelah ditanam bukan berarti Anda membiarkannya dalam pot. Tentu saja, Anda harus memeliharanya dengan baik biar nantinya buah naga sanggup dipanen dan Anda benar-benar mencicipi buah naga yang segar. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saatmemelihara buah naga. Anda harus melaksanakan pemupukan secara teratur. Jika memungkinkan gunakan pupuk alami untuk memperoleh buah naga yang benar-benar menyehatkan. Selain itu, Anda juga harus melaksanakan penyiraman teratur biar buah naga tumbuh segar dan sanggup di panen sesuai jadwal. Setelah beberapa waktu, bibit buah naga akan menjadi pohon buah naga. Untuk itu, Anda juga harus melaksanakan pemangkasan cabang. Sesekali periksa akar dan tiang panjatan. Tetap pastikan bahwa tumbuhan ini masih kokoh dan tidak roboh.Jika diperlukan, ikat batang pohon dengan kawat atau tali ke tiang panjatan. Nantinya, Anda akan memperoleh buah naga merah yang segar dan nikmat dari pot Anda sendiri.
Buah Naga 4988167991545650294

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item
close
Banner iklan   disini