Loading...

Inilah Budidaya Tanaman Hias Pilea (Daun Aluminium)

Jenis tanaman ini sebagai besar tumbuh setinggi tidak lebih dari 30 cm, mempunyai warna daun belang-belang putih perak kusam yang populer sebagai tanaman alumunium. Setiap daun mempunyai tiga buah urat daun yang melengkung .

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan Cahaya
Pilea  tumbuh baik bila mendapat cahaya matahari tidak langsung. Apabila tanaman hanya mendapat cahaya buatan, minimal membutuhkan cahaya yang berkuatan 400 f.c

Kebutahan Suhu
Jenis tanaman ini akan tumbuh baik kalau suhu lingkungan siang hari sekitar 75°f-85°f dan suhu malam hari 65°f-70°f.

Media Tanam
Media tanam yang cocok untuk tanaman ini ialah media tanam yang terdiri adonan satu bab tananh kebun, dua bab kompas, satu bab pasir. Setiap 4-5 kg media ditambah 1,5 sendok teh super phosphat 20%, 1 sendok makan kapur, dua sendok teh pupuk 5-10-5.

Pemupukan
Pemupukan pilea dilakukan setiap dua bulan sekali. Bagi tanaman gres yang gres saja dilakukan pengepotan ulang harus menunggu 3-4 bulan.

Pengepotan Kembali
Tanaman yang rupunya telah memenuhi pot harus segera dilakukan pengepotan kembali pada ketika trend penghujan tiba.

Perbanyakan Tanaman
Tanaman ini sanggup di kembang biakkan dengan memakai stek batang atau memisahkan sebagian rumpun dan induknya pada awal trend penghujan.


Varietas
Varietas pilea yang sudah banyak di kenal ialah :

P.cadierei (Alumunium-plant, water melon pilea).
Jenis tanaman ini mempunyai ketinggian sekitar 25 cm, panjang daun 6,5 -8 lengkung. Warna daun hijau muda yang ditandai dengan gelembung daun warna perak, demikian pula, pada pingkiran daun. Bunga berwarna putih ini sanggup tumbuh dengan cepat.

P.Cadierei  Minima.
Varietas ini bentuknya dan cirinya hampir sama dengan P. Cadierei, tetapi tanaman ini berukuran lebih kecil. Tinggi tanaman 12,5-15 cm.

P. Involucrata
Varietas  ini mempunyai sistem percabangan tanaman kecil tetapi lebat, warna daun cokelat dan bercampur hijau tua, bab permukaan daun bab bawah berwanan kemerahan.
Pilea 1040699517717033277

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item
close
Banner iklan   disini