Loading...

Inilah Teknik Budidaya Flora Hias Dracaena

Dracaena termasuk salah satu jenis tumbuhan hias daun. Apabila tumbuhan ini dipadu dengan bentuk, warna, dan materi pot  yang harmonis akan tampil sangat indah.
         
Dracaena pada umumnya mempunyai penampilan daun dan ukuran batang yang braneka ragam dan menarik. Ada beberapa  jenis atau varietas dari tumbuhan ini yang satu sama lain tidak ada kemiripan sama sekali.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan Cahaya
Dracaena akan tumbuh paling bagus bila menerima cahaya matahari tidak langsung. Jika tanaman ini hanya memperoleh cahaya buatan dari lampu, maka memerlukan cahaya yang berkekuatan 400 f.c.

Kebutuhan Suhu
Dracaena membutuhkan suhu lingkungan siang hari 750F-800F dan suhu malam hari 650F-700F.

Media Tanam
Media tanam yang baik untuk tumbuhan Dracaena ialah adonan satu bab tanah kebun, satu bab kompos atau pupuk kandang, dan satu bab pasir kasar. Media tumbuhan ini harus selalu dalam keadaan basah sepanjang waktu. Setiap 4-5 kg media ditambah 1,5 sendok the super  phosphate 20%, 1 sendok makan kapur, dan 2 sendok teh pupuk 5-10-5.

Pemupukan
Pemupukan bagi tumbuhan Dracaena cukup dilakukan setiap 6 bulan sekali. Pemupukan tumbuhan yang gres dibeli atau dilakukan pengepotan kembali harus menunggu setelah 6 bulan.

Pengepotan kembali
Pengepotan kembali dilakukan kalau akar  tumbuhan telah memenuhi pot. Pengepotan kembali sanggup dilaksanakan setiap saat.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan tumbuhan dilakukan dengan cara memakai stok batang atau memisahkan sebagian rumpun.

Varietas
Varietas Dracaena yang sudah banyak dikenal adalah:

Dracaena deremensis
Dracaena ini jarang tumbuh dalam bentuk asli, akan tetapi pada umumnya kita dapatkan dalam banyak sekali varietas. Sebagian besar varietas tumbuh setinggi 60-150 cm. banyak sekali yang popular adalah:

D. deremensis Warneckii
Varietas ini sanggup tumbuh baik ditempat yang Intensitas cahayanya rendah. Daun dari varietas ini berbentuk ibarat pedang, kaku, berukuran panjang 40-60 cm, lebar 5 cm. warna daun hijau abu-abu dengan strip berwarna putih.

D. deremensis Yanet Craig
Warna daun varietas ini hijau tua. Bentuk daun ibarat pita yang panjangnya 30-45 cm, lebar 5 cm.

D. deremensis Longii
Varietas ini mempunyai  Bentuk daun ibarat Yanet Craig, tetapi lebih panjang dan ramping, bab ujung meruncing kecil. Warna daun hijau renta ditengah-tengahnya berwarna putih lebar membujur dan pangkal hingga ujung daun.

Dracaena fragrans
Jenis tumbuhan ini tumbuh jangkung dan apabila tumbuhan ini tidak dipangkas sanggup mencapai ketinggian lebih dari 5 cm. Tanaman yang masih muda sangat indah dan manis bila ditanam didalam pot dan ditaruh diatas meja.

Ukuran panjang daun 45-75 cm dan lebar 5-7,5 cm. pertumbuhan daun mengarah kesegala penjuru, satu sama lain tumbuh saling berimpitan rapat, warna daun hijau. Tanaman yang termasuk varietas ini antara adalah:

D. fragrans Lindenii
Varietas ini bab tepi daunnya berwarna hijau cerah hingga kuning dan bab tengah berwarna hijau membujur sepanjang daun.

D. fragrans Masangeana
Varietas ini berwarna daunnya hijau renta dan bab tengah berwarna hijau membentuk pita pada sepanjang daun.

Dracaena godseffiana (Si Embun Emas)
Jenis tumbuhan ini tumbuh pendek dan kecil. Bentuk daun lonjong pendek, tumbuh sepasang-pasang saling berhadapan. Warna daun hijau renta dan pada permukaan daun terdapat binti-bintik kuning ibarat emas.

Batang dan cabang-cabangnya tumbuh kecil, kurus ibarat kawat, jenis Dracaena ini sama sekali tidak mempunyai kemiripan dengan jenis-jenis lainnya. Tanaman yang termasuk varietas ini antara lain adalah:

D. godseffiana Florida Beauty
Varietas ini mempunyai daun hijau renta dengan bintik-bintik kuning.

D . godseffiana Milky Way
Varietas ini ibarat dengan D. godseffiana Florida Beauty. Dibagian tengah-tengah daun terdapat bentuk ibarat pita berwarna kuning muda dan dikanan kirinya berwarna hijau dengan bintik-bintik halus.

D. godseffiana gold Dust (Gold Dust Dracaena)
Varietas ini mempunyai warna daun hijau renta dan seluruh permukaan daun terdapat bintik-bintik halus atau kecil.

D. marginata Tricolour
Jenis Dracaena ini mempunyai bentuk daun kecil ibarat pita, ramping, berwarna hijau gelap, dan bab tepinya merah. Varietas D. marginata Tricolour mempunyai tiga macam warna, yakni merah, hijau, dan putih.

Dibagian tepi daun berwarna merah, disusul warna hijau, kemudian putih. Setiap warna membentuk strip panjang dari pangkal hingga ujung daun.

D. sanderiana virescens
Jenis Dracaena ini mempunyai warna daun hijau yang bab tanahnya berwarna hijau pucat berbentuk pita yang lebar dan memanjang disepanjang daun. Ukuran daun relative lebih kecil dan pendek apabila dibandingkan dengan D. fragrans.

D. surculata punculata
Jenis Dracaena ini mempunyai bentuk batang dan cabang-cabang ibarat dengan jenis-jenis D. godseffiana lainnya. Daunnya lebih kecil, langsung, dan pada ujungnya lebih runcing. Warna daun hijau muda dengan bintik-bintik kecil berwarna kuning tak beraturan.
Dracaena 2195492862692646585

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item
close
Banner iklan   disini