Loading...

Inilah Cara Budidaya Buah Kiwi


Bercocok tanam yakni acara yang sangat menyenangkan, terlebih lagi apabila didukung dengan keadaan iklim dan tanah yang mendukung menyerupai di Indonesia. Maka tak ayal apabila sektor pertanian merupakan salah satu lahan bisnis yang menjanjikan di negara kita ini. Salah satu hasil dari sektor pertanian atau perkebunan yang mempunyai prospek yang cantik yaitu buah kiwi. Di sini kita akan membahas hal-hal ihwal cara budidaya buah kiwi.

Peluang Usaha Budidaya Kiwi
Buah kiwi telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Buah ini diketahui mempunyai kandungan vitamin dan juga nutrisi-nutrisi penting lainnya bagi badan sehingga sanggup meningkatkan kesehatan apabila dikonsumsi. Dengan manfaat tersebut, kiwi banyak dicari oleh para konsumen dan ini merupakan kesempatan perjuangan yang cantik bila kita mau menekuni budidaya buah kiwi.

Akan tetapi untuk sanggup berhasil dalam membudidayakan buah kiwi, kita dituntut untuk mempelajari teknik budidaya buah kiwi dengan matang. Namun kita tidak perlu cemas sebab bahwasanya pemeliharaan tumbuhan kiwi tidaklah sulit untuk dilakukan. Kita hanya perlu berguru dengan baik biar hasil dari perjuangan kita sanggup optimal.



Proses Penyiapan Lahan
Kiwi sanggup tumbuh dengan cukup subur di wilayah tropis menyerupai di Indonesia. Penyiapan lahan sanggup kita mulai dengan membersihkan lahan dari tanaman-tanaman liar. Setelah lahan higienis langkah selanjutnya yaitu kita gemburkan bagian-bagian yang akan kita tanami. Setelah digemburkan, tanah sanggup kita pupuk dengan pupuk sangkar secukupnya. Kita juga sanggup mengatur tingkat keasaman tanah dengan cara mengapur tanah dengan dolomite.

Selanjutnya di bagian-bagian tanah yang digemburkan tadi kita buat lubang-lubang tanam dengan jarak kurang lebih 2 meter x 2 meter. Proses pembajakan, pertolongan pupuk, pengapuran, dan juga pembuatan lubang-lubang tanam sebaiknya telah tamat dikerjakan 2 ahad sebelum penanaman bibit kiwi dilakukan. Sembari menggarap lahan kita juga sanggup memulai proses pembenihan sehingga saat benih telah siap tanam, lahan juga sudah siap untuk digunakan.

Proses Pembenihan
Pembenihan atau pembibitan buah kiwi sanggup dilakukan dengan cara menyemaikan biji-biji kiwi. Untuk membantu mempercepat proses penyemaian, biji-biji buah kiwi kita rendam dahulu dengan air hangat, kemudian kita keringkan. Setelah itu biji-biji tersebut kita simpan terbungkus dengan tissu maupun kapas selama satu malam. Setelah itu kita keluarkan biji-biji tadi dan mulai kit semai di atas tanah.

Media yang baik untuk penyemaian yakni tanah humus. Caranya yaitu kita sebar biji-biji tadi secara merata di atas tanah dan diamkan selama sepuluh hari (hingga kecambah dan daun mulai tumbuh). Perlu diingat juga bahwa selama proses penyemaian sebaiknya biji-biji tadi diberikan naungan untuk menghindari sinar matahari langsung.

Proses Penanaman
Setelah biji-biji buah kiwi mempunyai daun-daun, kita sanggup memindahkan mereka ke dalam pot-pot sampai cukup besar untuk ditanam di atas lahan. Cara menanam benih-benih tersebut yakni tinggal dimasukan saja cuilan pangkal batangnya ke lubang-lubang tanam yang telah siap digunakan. Selanjutnya, menyerupai cara tanam pohon pada umumnya, kita timbun dengan tanah dan timbunan tersebut sedikit kita tinggikan supaya tidak tergenang air saat hujan.

Proses Pemeliharaan
Perlu diketahui bahwa struktur tanah yang diharapkan untuk menanam pohon kiwi haruslah kuat, sebab tanah akan menahan beban pohon kiwi yang sangat berat saat pohon-pohon tersebut berbuah. Cara merawat pohon kiwi supaya tumbuh subur yakni dengan mengairi secara teratur, memupuk tanah secara berkala, membabat rumput-rumput liar, dan juga mengendalikan hama pohon dengan penyemprotan. Selain itu kita juga perlu memeliharabunga dan membantu proses penyerbukan dengan kuas halus supaya berbuah lebih banyak.
Buah Kiwi 4688515703063351249

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item
close
Banner iklan   disini