Loading...

Inilah Banyak Sekali Jenis Flora Melati

Tanaman melati memiliki banyak sekali varian yang sudah dikenal oleh insan semenjak beberapa periode yang lalu. Maka tak heran bila tanaman melati banyak sekali diminati dari aneka macam negara di dunia. Tanaman ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis antara lain.

1. Jasminum sambac W. Ait
Jenis ini disebut juga sebagai melati kampung atau melati putih, diduga berasal dari India. Di Eropa jenis ini disebut arabische jasmine. Orang Persia dan Iran menyebutnya yasaman. Melati putih pertama kali dibudidayakan di kawasan Inggris sekitar tahun 1665.

Tanamannya berupa perdu merambat setinggi 0,3 m – 3 m. Pada dikala muda flora tumbuh tegak, batang berwarna hijau berbentuk segi empat, duduk daun berhadap-hadapan pada setiap buku, bentuk daun oval dengan permukaan hijau mengkilap. Tanaman ini sanggup tumbuh baik pada ketinggian 0 m – 600 m dari permukaan maritim (dpl).

Jasminum sambac W. Ait

2. Jasminum rex
Jenis flora ini berasal dari kawasan barat daya Thailand, daun berbentuk lonjong memanjang, bab ujungnya runcing dan berwarna hijau gelap. Tanaman ini berbunga tunggal yang tumbuh berkelompok dan setiap kelompok terdiri atas 2 – 3 kuntum bunga.

Bunga berukuran besar dengan diameter mencapai 5 cm, berwarna putih dan aromanya kurang harum. Melati jenis ini sering disebut jasmine atau melati raja, lantaran ukuran bunganya sangat besar.

Jasminum rex

3. Jasminum beesianum
Janis melati ini berasal dari Cina, pertama kali ditemukan Abbe Delavey sekitar tahun 1883 di kawasan Yunani.

Daunnya berbentuk lanset, permukaan atas berwarna hijau gelap dan bab bawah berwarna hijau kelabu. Bunga keluar dari ketiak daun, berbentuk kecil-kecil dan berwarna merah jambu hingga merah tua.

Jasminum beesianum

4. Jasminum simplicifolium
Jenis melati ini lebih dikenal sebagai melati Australia atau star jasmine yang berasal dari kawasan Fiji dan Polinesia. Melati ini dikenal dengan nama Jasminum volibile, sedangkan kultivarnya yang berdaun variegata disebut Jasminum volibile variegatum.

Tanaman ini berbentuk tegak menyemak, daun berbentuk oval, berwarna hijau gelap dengan panjang sekitar 5 cm. Bunga tumbuh dari bab ujung, berwarna putih dan harum.


Jasminum simplicifolium
Melati 2650934084085269608

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item
close
Banner iklan   disini